Selasa, 05 November 2013

Jundallah dan Iqro' 3


Sebenernya 2 bulan lalu Junda uda lulus iqro' 2 dan bole lanjut iqro' 3, etapi dianya ogah. Katanya ada 'kasroh', Junda gak suka sama garis yang di bawah, sukanya sama garis yang di atas alias fathah :D

Btw ngaji ini kan, selaen sholat, jadi syarat maen PS. Ngaji 1 halaman = PS 1 jam. Nah karena Junda gak mau lanjut iqro' 3, jadilah dia ngaji iqro' 1 ato 2 ato yang dia rasa bisa, DEMI maen PS.

Lama-lama ummi ngerasa kok kayanya ada yang salah ya. Ummi 'dikerjain' ato Junda yang uda 'naik kelas' dan ummi yang ketinggalan jaman ini. Hmmm.. saatnya bikin sepakatan yang smart deh.

Ummi putuskan untuk rapat sama Hizba Junda. Kami bikin aturan baru untuk maen PS. Terutama yang ngaji, harus sesuai dengan batas akhirnya. Kalo Hizba nyampe juz 5 QS. An-nisa, ya silakan dilanjutkan. Begitu pun Junda, uda nyampe iqro' 3 ya berarti lanjut berikutnya, bukan ngulang sebelumnya. Ato ngaji yang dianggep gampang aja. Ngaji gak lanjut, sorry to say, gak ada PS. Deal!

Sepakatan pun jalan. Sabtu pagi, Hizba masi sekolah, Junda mau maen PS. Langsung dia ambil iqro' dan buka jilid 3. Subhanallah, gak nyangka, kok dia enjoy banget ya. Bacanya sih masi per huruf, tapi panjang pendeknya uda bener. Salah-salah dikit juga wajar lah ya, kaya hamzah kasroh i, dia baca: hamzi *ngakak dalam hati :))))))
Ato nun fathah na dia hubungkan sama lagu spongebob yang edisi berburu ubur-ubur. Jadinya malah nyanyi: na na na na na, na na na na na.. wakakakak sak karepmu leeee
Ada juga yang lam fathah la, lam kasroh li. Dia selimurin jadi 'aku LaLi pakde, aku lali' +___+
Wes mbuhkah..

Yang penting dia mau berusaha, semangat ngaji dan uda paham kalo kasroh itu dibaca 'i'. Padahal sebelumnya, boro-boro. Ngaji iqro' 3 itu nightmare buat Junda. Kalo salah gak mau dibenerin. Pengennya cepet-cepet selesei. Gak mau muroja'ah. Tragedi dramaqueen mesti terjadi. Capek belajarnya ih, boring. Ini sik murnik karena umik gak asik! *pengakuandosa*

Uda habis 1 halaman, dia minta lagi, katanya mau maen PS 2 jam. Beres bos! Abis ngaji, Junda galau. Karena Hibban masi beredar. Itu berarti dia gak bisa khusuk maen PS karena bakalan diganggu sama Hibban. Akirnya dia tahan, nunggu sampe Hibban bobok. Yang ini surprize juga buat ummi, dia rela nungguin loh. Biasanya sih uda esmosih jiwa ya.

Dzuhur tiba, Hizba uda di rumah, Hibban bobok juga. Tapi karena uda timebond, jadi sholat dan ngaji harus diperbarui. Hizba Junda sepakat maen PS 3 jam. Jadinya mereka butuh bayar ngaji 3 halaman. Hihihi, gak berasa, dalam sehari, Junda uda dapet 6 halaman aja iqro' 3 nya.

Senin sore ada yang langgar sepakatan euy: maennya melebihi timebond. Jadi ya otomatis PS mati dan gak ada PS 1 hari. Gak ada yang protes tuh, apalagi tantrum ato saling menyalahkan. Yang ada saling menguatkan satu sama laen. Hizba nya bilang: gpp ya dek, besok PS nya libur dulu ya. Yang Junda jawab: iya gpp mas, besok maen laptop aja ya mas. Gyahahaha teuteeeeup ngegame.. Tapi no worries ah, uda ada sepakatannya sendiri kok. Untuk maen kompie ato lappie sepakatannya sholat dan tahfidz dulu *tingggg! ;)

Si Junda uda rikues ngaji 2 halaman lagi dari sekarang. Ceritanya uda nyampe halaman 12 dianya. Nih barusan ngaji lagi sampe halaman 14. Kalo kaya gini sih taon depan siap-siap sediain budget khusus buat beli Al-Qur'an baru neyhhh.. ehehehe Insyaa Allah :D

Tidak ada komentar: