Kamis, 07 November 2013

Anak Enjoy Ber-"Tanggung Jawab"


Uda seminggu tanpa aspri. Agak berantakan tapi lega sih. Terutama batin, jadi kaya ada space aja. Fyuh..

Kejadiannya kamis lalu. Pas abinya Dines Luar untuk 4 hari. Sore2, Hizba, Junda, Hibban maen pasir bareng Andi (nama samaran) di depan pager rumah om Ferry, tetangga sebelah. Andi ini temen sekelas Hizba, rumahnya jarak 100m dari rumah kami.

Sebelumnya, Hizba uda mastiin saya, kalo dia uda ijin om Ferry buat maen pasir disitu. Om Ferry juga uda ngijinin. Oke, ummi santai dong, beberes rumah. Nge-DJ dulu euy alias nyupir bin nyuci piring :D

Sampe akirnya kedengeran suara kenceng kaya hantaman benda keras, berulang kali diiringi cekikikan. Perasaan gak enak nih, langsung cek ke depan. Ebener aja, Hizba bawa palu gede dipukulin ke tembok pager om Ferry, sampe temboknya remuk, ngelupas skitar 10cm keliatan batu batanya.

Si Andi langsung kabur sambil bilang gak ikut-ikutan. Saya liat temboknya yang hancur, sambil ngompakin ati-kepala. Inhale-exhale. Lemes saya. Akirnya nanya juga deh ke Hizba: "Terus gimana ini?". Sambil nunduk, lunglai, Hizba jawab: "Andi yang nyuruh mi. Mas tau ini bahaya, tapi tadi Andi duluan yang mukul temboknya..". Saya diem, rasain. Oke, dia lagi curhat. Cukup sediain telinga berhati. Mulut kunci dulu, stop bawel.

Saya duduk di samping Hizba, tanpa kata, tanpa bahasa. Pandangan menerawang. Gak lama, Hizba bilang, dengan suara pelan: "Sekarang om Ferry masi kerja mi. Rumahnya kosong, gak ada orang. Tar mas mo minta maaf sama ganti rugi kalo om Ferry uda pulang". Sambil hela nafas, saya jwb: "Makasih uda mau jujur mas". Tapi ati masi nyesek sik, hik *nyengir..

Menjelang Isya' denger motor matic ke arah rumah om Ferry. Dengan langkah gontai, Hizba Junda ke rumah om Ferry. Saya tau dalam ati mereka berdua juga pasti lagi kacau, takut gimana tar kalo dimarahin. Lagi perang batin. Tapi saya berusaha gak ikut campur deh, gak kepo juga. Lipet-lipet baju ajah..

Gak lama, mereka balik. Cerita kalo yang dateng ternyata tante Ferry. Si om pulangnya baru jam 3 pagi tar. Meski gitu, Hizba Junda tetep minta maaf dan nawarin ganti ruginya apa. Kata tante, gapapa, gak usah ganti rugi, tar tante mo manggil pak tukang aja. Tante cuma bilang, besok Andi suru kesini.

Nyessssss saya dicritain begitu sama anak mbarep dan adeknya. Saya ucapin makasih karena uda tanggung jawab. Saya juga bilang ke Hizba Junda, ternyata jujur itu enak kan ya. Jujur itu ngomong apa adanya. Cerita aja tadi ada kejadian apa dan sapa yg ngelakuin. Enak, karena kalian gak rugi apa-apa. Untung malah. Buktinya si tante mastiin kalo semua akan baik2 aja, setelah pak tukang dateng.

Besoknya, habis sholat Jum'at, si Andi maen ke rumah. Pas banget, Hizba ngajakin Andi ke rumah om Ferry untuk minta maaf. Edianya gak mau. Malah balik pulang lagi. Saya sih no komen aja. Ini kan jadi urusan mereka bertiga.

Anyways, tanpa Andi, Hizba Junda pamitan mau ke om Ferry. Mau minta maaf karena kemaren belom ketemu. Gak lama mereka balik dengan wajah sumringah, katanya: "Alhamdulillah mi, mas sama adek uda minta maaf ke om Ferry dan janji gak ngulangi lagi. Mas sama adek juga uda bilang makasih ke om Ferry karena gak usah ganti rugi. Tadi uda dibilang ke om juga kalo Andi uda diajakin tapi gak mau".

Aihhh.. klepek-klepek saya. Sekali lagi, saya belajar dari anak-anak. Belajar tentang jujur dan tanggung jawab. Belajar pelajaran mahal yang gak ada di sekolahan formal manapun. Gurunya mereka. Terimakasih, teman. Terimakasih.. :')

Dan tentang cerita ini, alhamdulillah uda diijinin juga sama mereka. Tadi pamitnya, ummi mau bagi-bagi cerita pas mas sama adek jujur ngakuin salah habis ngancurin temboknya om Ferry, boleh gak? Jawab mereka boleh, tapi hari ini ada PS yah. Eaaaaaaaa, anak siapa siiiiihhh??? XD

"Mengijinkan anak berbuat salah = memberi anak kesempatan belajar mengambil keputusan beserta resikonya"

Tidak ada komentar: