Jumat, 13 November 2009

Berbagi Pengalaman Terkait Hypnobirthing



Gara-garanya pas baca-baca milis asiforbaby ternyata lagi rame bahas hypnobirthing. waktu itu sekitar agustus 2008. anak pertamaku, hizballah, masi umur kurleb 13 bulanan dan aku belom hamil anak kedua. adalah mb di salah satu member milis yg share atas pengalamannya sukses hypnobirthing. tanpa pikir panjang langsung deh japri ke beliau, mo nanya-nanya apa dan gimana sih terapi plus penerapan hypnobirthing itu. saat itulah aku molai tertarik hypnobirthing,,

januari 2009 aku 'telat' dapet. waktu testpack beneran positif. ini pertama kalinya positif setelah 3 kali sebelumnya "telat" tapi hasilnya selalu negatif. biar lebi yakin akirnya ke dsog. ternyata eh ternyata uda hamil 8 minggu. alhamdulillah, kayanya tertarik hypnobirthing jd firasat baik buatku deh,,^^ btw imelku ke mb di yang dulu baru dibales 4 bulan kemudian dan pada saat itu aku uda hamil 3 bulan. hehe, makasiy banyak mb,,^^

artikel dari mb di aku baca sepintas aja dan aku baru tau kalo ternyata hypnobirthinghypnobirthing adalah afirmasi diri ato self-talk: "melahirkan itu indah, melahirkan itu menyenangkan, melahirkan itu kerjasama antara ibu dan calon bebi, bla bla bla". saat itu sih aku masih belom bisa memaknai self-talk yahh, coz di anak pertamaku dulu aku ngerasain sakitnya melahirkan yang luar biasa. penuh rasa takut, panik, dan terburu-buru. nafas ngos-ngosan, dehidrasi, kaki kram, keluar keringat dingin berlebihan, ga bisa ngejan, tereak-tereak sampe nendang-nendang 3 perawat yg megangin kakiku. sama sekali ga bisa rileks. dan udah pasti aku masi amat sangat inget rasanya!! fyuh, gimana bisa self-talk coba??

hamil muda sambil ngurus anak umur 16 bulanan bukan perkara mudah yahh, mana waktu itu masi nenenin hizba sementara banyak yang nentang dan minta aku tuk nyapih hizba secepatnya, kecuali dsog ma hubbyku tentunya. they both are support me!! BIG thanks!!^^ yess, aku stres banget waktu itu. sempet ngeflek di minggu ke 11 ma minggu ke 14 mungkin karena stres itu plus kecapekan. kontrol ke dsog, alhamdulillah bebiku sehat-sehat aja. jantungnya normal. sampe akirnya aku sadar kalo aku ga bole stres kaya gini terus, kasian bebiku yg di perut.

so akirnya aku baca lagi deh artikelnya, ternyata ada 2nd keyword yaitu relax. that's right! tetep tenang menjalani kehamilan, ga perlu perfeksionis. kerjaan rumah yang bisa dikerjain sekarang yah dikerjain, yang belom sempet disentuh ya dikerjain besok juga gapapa. kalo capek ya stop smua aktivitas. ngelakuin hal-hal yang disuka ato makan makanan paporit. dengerin murottal ma musik klasik ato jazz sangat recommended. nyanyi-nyanyi juga bole kok,, hihi. yah, nikmati aja tiap-tiap detik kita bercengkerama dengan bebi yang di perut juga ngelibatin sang kakak berkomunikasi ma calon adeknya. enjoy aja. kurleb gitu deh maksudnya,,^^

pas kehamilanku uda umur 6 bulan baru deh survey RS ato RSB yg bisa hypnobirthing. nyetatus di fb, alhamdulillah buanyak yg ngrespon termasuk mb fety, oliph, ama nuring, mereka ngasi info soal hypnobirthing di RS Husada Utama sby dengan dr.amang surya,Sp.OG. aku juga nge-add mb nizma *yg juga sukses hypnobirthing* suggest dari mb di 'n nge-add hb indo di fb buat info lebi lanjut. tak lupa lee juga uda ngasi info buku soal hypnobirthing. you all are GREAT sista!! so many thanx,,^^

hamil umur 7 bulan, adaaa aja ujiannya. ama dsogku aku divonis plasenta previa (ari-ari dibawah dan menghalangi jalan lahir), persis pas hamil hizba dulu. bedanya waktu hizba
so aku bawa happy aja deh, sambil ngelakuin ritual sering sujud, banyak ngobrol ma si jabang bebi: "sayang adek yg pinter yah?? plasentanya ajak maen ke samping ato ke atas gih, biar besok kalo uda waktunya lairan adek bisa cepet kluar terus salim ma abi ummi dan mas hizba,, bla bla bla" 'n sisanya terus berdoa ma Allah. yakin seyakin-yakinnya kalo Allah ga kan ngasi ujian melebihi kemampuan kita. yakin kalo Allah pasti akan nolong aku.

tapi apa yang terjadi?? sampe 5 minggu kemudian aku kontrol ke dsogku masi aja plasenta previa dan katanya satu-satunya jalan lairan tar harus SC. watt?? mana diceritain yang ngeri-ngeri pula ma dsogku. karena penasaran, akirnya searching soal plasenta previa di mbokde google. bagoss, makin stres lah awak! tapi ga lama. coz aku lebi pasrah dan menyerahkan smuanya ke Allah. Allah yang lebi tau, Allah yang Maha Besar, ga ada yang ga mungkin bagi Allah. harapanku satu-satunya cuma Allah. "cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung" (Ali-Imran: 173) kemudian “Ingatlah, dengan mengingat Allah dapat menentramkan hati” (Ar-Ra’d: 28). subhanallah,, ayat-ayat itu sungguh menguatkanku! kalo ternyata tar emang harus SC juga gapapa yang penting anakku sehat selamat gitu aja. waktu itu aku suka banget ma quote: "keputusan untuk berhenti ato terus adalah pilihan. namun berpikir untuk terus adalah perjuangan meskipun mudah sekali dan ada seribu satu alasan untuk berkata: cukup sampai disini". yeah! akirnya aku smangat lagii,, i've got my fire! ROCK!

ternyata kata kunci berikutnya adalah optimis, positive thinking, positive feeling dan ikhlas sodara-sodara. dengan begitu stresku kabur lagi. hush hush, BUABAY stres! alhamdulillah,,^^

di usia 33 minggu itulah aku langsung pindah dsog, sebenernya sih balik ke dsog pertama waktu lairan hizba dulu yah. dan waktu di USG, subhanallah alhamdulillah, plasentaku ada di samping dan amat sangat mungkin buat lairan normal! sujud syukur! sungguh Allah Maha Kuasa!

dan ternyata ujian kehamilan belom brenti sampe disitu. tepat hamil umur 36-38 minggu kata dsogku bb janinku ga berkembang. Masya Allah, apalagi ini?! weits, harus tetep tenang, sabar, 'n positive thinking. toh bb janin uda 2,5 kg. batas bawah bb normal. disebut BBLR

hari itu hari sabtu, 5 sept 09. skitar dhuhur aku ngerasa kontraksi. sakit? enggak! rahasianya? aku tarik nafas ngikutin "alur" kontraksinya itu. ketika ga berasa kontraksi langsung buang nafas cepet. terasa kontraksi tiap 4-5 jam skali. waktu itu aku mikirnya "ah paling juga 3 hari lagi ato kalo ga masi minggu depan". lagian HPL (Hari Prediksi Lahir) nurut USG dsogku sih masi middle september sampe awal oktober yah.

maghribnya aku ikutan buber psiko 2001 di kampus. naik motor boncengan ma hubbyku 'n hizba. so semotor ada 3 penumpang, which is 2 penumpang dewasa posturnya "langsing-langsing semlohe" coy. hehe,, :d
perjalanan sidoarjo-surabaya agak ngebut secara uda telat mana bagian konsumsi pula, plus lewat TP coz waktu sampe wonokromo kita lewat jembatan layangnya. macet abes! sampe kampus masi becanda ma temen-temen lawas. pulang jam 9 malem ampe rumah. nyalain kompie buat ngesave pic temen-temen dari kamera. yak, selaen konsumsi ternyata aku juga jadi seksi dokumentasi. fuhh,, watta tired day! langsung bobo. zzZZzz,, -_-

jam 2.30 bangon, laper. maem kolak, skalian saur lah pikirku. terasa ada yg ga enak tapi ga sakit, pas cek ke toilet ternyata uda ngeflek. hmm, kayanya bentar lagi, tapi masi laper. akirnya maem (lagi) nasi ikan bakar abis sepiring. ke kamar ambil bag *yg ternyata isinya belom komplit baru tao pas bis mandiin junda, hiks*. jam 3 pagi berangkat ke bidan di sidoarjo yang masi sanak kadang, yah beliau adalah bulik-ku sendiri. selama dalem mobil aku baru bisa ngeself-talk: "iya yah melahirkan itu luar biasa loh, belom tentu tiap wanita ngerasain, dan sekarang aku mo lairan. melahirkan itu TEAMWORK! aku ga sendiri berjuang, tapi bareng ma bebiku. bagi tugas yah. aku yang dorong bebiku, terus bebiku yang bantu cari jalan keluarnya". then aku lanjutin dengan stimulisasi ke janin: "sayang, nih kayanya bentar lagi adek nongol deh. yang pinter yah nak. kan mo cepet ketemu abi ummi ma mas hizba. biz itu kita maen-maen berempat. jangan lupa berdoa minta kemudahan ma Allah yah. ummi juga berdoa. kita sama-sama berdoa, ok?". gitu deh kira-kira. hehe, self-talk ma stimulasinya agak bisik-bisik 'n ngadep jendela. sesekali terasa kontraksi, so langsung tarik napas panjang 'n buang cepet.

nyampe bidan jam 3.15. jalan sendiri ke kamar bersalin. udah gitu baringan sendiri ga pake disuruh. hihi, dasar emak2! bulik-ku dateng trs nanya2. cek bawah, ternyata uda bukaan 6. wow! 5 menit kemudian pecah ketuban. dg polosnya aku bilang ke perawat: "mbak mbak, minta tolong bikinin teh manis bole tah? haus nih. ada tah mb?". perawatnya langsung GUBRAK! tapi tetep dibikinin kok 'n aku minum,,^^

5 menit kemudian kata bulik uda molai kliatan tangan. aku disuruh cepet ngejan kalo sewaktu dateng kontraksi lagi. karena ngantuk, jadi akunya ga mudeng. dalam hati aku bertanya-tanya emang kenapa kalo keliatan tangan duluan? *dasar dudulz* padahal kata bulik: itu resiko SC. itu pun jelasinnya biz proses persalinan uda beres. hehe, takut akunya panik kali yah,,

anw kontraksi pun datang, dan bret bret *bukan kentut loh yah,, itu maksudnya tanda ngejan dua kali* langsung deh lahir,, jagoan keduaku! tepat pukul 3.30. sabtu 6 sept 09. alhamdulillah, proses aku nyampe bidan sampe bebi lahir hanya 15 menit! aku masi ga percaya, hah udah tah? gini aja? ga pake acara tereak dan nendang-nendang. cuma acara ngejan, doa dalem ati dan,, acara minum teh tentunya,, ;)

subhanallah alhamdulillah, ga brenti-brenti aku bersyukur. bener-bener kaya mimpi. sungguh Allah Maha Segala-galanya! setelah perjalanan panjang selama kurleb 41 minggu. dari ngeflek di minggu ke 11 dan 14, ribet ngurus 'n nenenin hizba dengan segala kontroversinya *lebay dikit bole lah*, plasenta previa, sampe bb janin ga berkembang rasanya terbayar sudah bahkan ga ada apa-apanya setelah tau proses lairan yang begitu cepet, mudah, rileks banget 'n ga sakit pastinya. ya Allah terimakasih. alhamdulillah.

Hasbunallah…wa ni’mal wakiil ni’mal maulaa wa ni’mannashiir…

with love,
ummi hizballah 'n jundallah


1 komentar:

Unknown mengatakan...

Asw mama Hisba.. Wah,artikelny ok bgt. Bs bt nambah pengalaman bt sy. Skrg sy lg hamil masuk 38mggu. Ud mau lahiran. Mdh2n bs lancar spt mama Hizba pas ngelahirin putra kedua y., Pngen cb hyPn0birthing jg..